Minggu, 28 Oktober 2018

MAKANAN YANG WAJIB DICOBA SAAT BERKUNJUNG KE GRESIK

MAKANAN KHAS GRESIK, Gresik  dikenal sebagai kota santri saja tapi juga terkenal dengan makanan / kuliner,oleh oleh wisatanya yang khass.

Nah bila kelusrgamu berwisata digresik sempatkan waktu luangmu untuk menyicipi makanan khas gresik. Dijamin ketagihan !.

Inilah makanan khas gresik yang wajib dicoba:

1. NASI KRAWU

Nasi kerwu adalah makanan khas gresik yang terpopuler dan pastinya wajib dicoba, pastinya banyak disukai orang gresik dan pastinya recomended lah. Nasi krawu ini terkenal seantero nusantara.
https://aboutgresik.blogspot.com/

Nasinya yang pulen dan alasnya menggunakan daun pisang hal itu yang membuat kenikmatan nasinya. Lauknya berupa semur daging yang di suir-suir,dagingnya bisa menggunakan daging sapi,daging kambing dan daging ayam. biasanya ada sambal terasi,serundeng dan jeroan sapi.

2. JENANG JUBUNG KHAS GRESIK

https://aboutgresik.blogspot.com/
Jajanan ini mungkin masih asing oleh orang luar jawa timur, atau bahkan luar gresik. Jubung adalah jajanan yang dimasak dengan bahan dasar ketan hitam yang diatasnya dikasih wijen.
Kenapa jajanan ini diberi nama jubung?. Karna ketan hitam dan eijen dibungkus dengan menggukan jubung yang terbuat dari kulit pohon pisang. Jajanan jubung juga bisa ditemukan dijember. Tetapi kamu juga bisa menemukanya digresik, nahyang satu ini adalah khas gresik.
 Kalau digresik jangan lupa icip-icip makanan khas gresiknya.

3. SEGO RUMO

Sego rumo ini terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan picuk daun pisang. dicampur dengan api api rebus, daun singkong, dan remahan kerupuk atau rempeyek. kemudian..disiram dengan kuah kental dan ditauburi serundeng. dan itu pasti rasanya MANTAP!.
https://aboutgresik.blogspot.com/
Ditambah kuah kental yang menjadi selimut sego rumo mirip seperti bubur sumsum namun berwarna merah sedikit kecoklatan dan rasanya gurih gurih sedap, dan itu yang membuat selera makan mu nambah lagi.

4.OTAK OTAK BANDENG.
https://aboutgresik.blogspot.com/


Otak otak bandeng adalah masakan khas gresik terbuat dari ikan bandeng yang sebelumnya sudah dipisahkan daging dengan kulitnya untuk kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu.
Kemudian dimasukan lagi kedalam badan ikan, dan kemudian dilumuri telur dan setelah itu dikukus sampai matang.
makanan ini menjadi salah satu favorit digresik.jadi kalau digresik jangan lewatkan makanan yang satu ini.
klik di bawah sini untuk mengetahui resepnya :
resep

5.BONGGOLAN.
https://aboutgresik.blogspot.com/


Bonggolan terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan kemudian dicampur dengan tepung kanji yang sudah dicampur bawang putihddan garam, dan terkadang memakai penyedap rasa alami atau buatan. dan kemudian dikukus sampai matang.
seperti makanan khas gresik yang lain, bonggolan ini juga dibungkus menggunakan daun pisang. Lebih mantap lagi kalo dicocol sama sambal.
klik disini untuk mengetahui resep

6.PUDAK
https://aboutgresik.blogspot.com/


Makanan yang satu ini sangat dikenal sampai se antero negri kalau makanan yang satu ini dari gresik.
banyak sekali penikmat makannan yang satu ini karna makanan yang satu ini adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras, gula jawa/gula pasir, dan santan ddan kemudian dibungkus dengan pelepah daun pinang. masyarakat sekitarnya menyebutnya dengan sebutan "ope".
klik disini untuk mengetahui resepnya.


#BACA JUGA SEJARAH GRESIK

JANGAN LUPA KUNJUNGI BLOG YANG LAIN.

INDUSTRI YANG BERADA DI DAERAH GRESIK
LETAK KOTA GRESIK
WISATA GRESIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komisi Gratis

Translate

About Gresik Lainnya klik di bawah