Kamis, 25 Oktober 2018

Wisata yang wajib dikunjungi digresik




Selsin itu pantai ini masih asri dan indah, dengan hamparan pasir putih yang bersih dan masih alami yang menambah pesona alam ini.


Pasti anda berpikir yang ada digresik itu cuma pabrik melulu, tapi anda salah besar. Di gresik anda bakal menemukan tempat wisata yang bikin ketagihan!.
Dan inilah tempat wisata digresik yang wajib dikunjungi:

"Dolano! sak durunge kue duwe bojo"


1. WISATA ALAM 



https://aboutgresik.blogspot.com/ Pulau yang terletak di ujung gresik ini menyujuhkan pesona alam yang mengagumkan.pulau ini dijadikan margasatwa sekaligus suaka alam yang indah.
Apalagi wisata pantai digresik belum banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan tentunya masih terawat kebersihanya. Dipantai ini anda juga bisa mengunjungi Air terjun,Danau kastoba, dan berendam di air panas



B. PULAU GILI
https://aboutgresik.blogspot.com/
pulau kecil dengan pesona alam yang masih belum banyak terjamah oleh para wisatawan, pulau ini tidak jauh dari pulau bawean hanya berjarak 2,3 Km saja. pulau ini hanya dihuni sekitar 700 KK saja.
Pantai yang memiliki pasir putih bersih dan pemandangan alam yang luar biasa dan bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise yang menjadi nilai plus dari pulau ini.
Pantai ini cumak berjarak 30 menit dari penyebrangan perahu, dan jangan sampai anda melewatkan pantai yang ada di pulau gili ini saat anda berlibur di kota gresik.

C. PULAU NOKO dan PULAU NOKO SELAYAR

https://aboutgresik.blogspot.com/ Pantai ini menyajikan pemandangan yang aduhai dan pemandangan bawah lautnya amat indah dengan ikan ikan cantik berbagai warna dan tak kalah cantik dengan pantai lainya di indonesia.
Pulau ini tidak berpenghuni karnanhanya mempunyai luas hanya 1Km saja. pulau ini terbentuk oleh pasir putih yang menakjubkan.
Anda bisa menikmati fasilitas dipulau ini  seperti snorkling dan diving.

D. PANTAI DELEGAN

Pantai delegan terletak di desa dalegan kecamatan panceng, terletak 40 km dari pusat kota gresik. Pantai ini  menjadi destinasi terpopuler di gresik bagian utura saat hari liburan. Pasalnya pantai ini mudah dikunjungi oleh wisatawan dan bisa digunakan oleh senua kalangan umur.
https://aboutgresik.blogspot.com/

disepanjang pantai anda dapat menemukan warung" yang menjual berbagai perlengkapan pantai dan makanan khas gresik.
Pasirnya yang masih terjaga keputihanya dan ada fasilitas seperti banana both perahu besar yang dapat digunakan untuk berkeliling pantai.

E.PESONA PANTAI SUKAONENG
Pantai ini berada dipulau bawean, pantai yang mempesona dengan hamparan pasir putih dan pantainya juga masih asri.

https://aboutgresik.blogspot.com/
sayang sekali kalau anda berwisata dibawean tapi tidak berkunjung di pantai ini, dan pantai ini bisa dijadikan sebagai objek hunting foto.
pantai ini berada di kecamatan tambak, bawean Kab gresik.






F. PANTAI KUBURAN PANJANG YANG UNIK
https://aboutgresik.blogspot.com/
Pantai yang menyajikan 2 jenis ombak sekaligus, ada ombak tenang dan juga ada ombak yang besar, jadi cocok buat surfing atau sebagai penenang pikiran.

di pantai ini juga ada kuburan yang panjang, karna itulah pantai ini dinamakan pantai kuburan panjang. unik bukan?!. menurut cerita konon kuburan yang ada dipantai ini adalah kuburanya para pengawal aji saka yang ada dibawean.Tak hanya itu pantai ini juga menyajikan sunset dan sunrise yang indah, karna itu sayang jika kalian melewatkan pantai yang satu ini.

G.PANTAI MAYANGKARA YANG MEMPESONA
https://aboutgresik.blogspot.com/

Panorama pantai yang indah dan menyajikan angin yang sepoi sepoi yang hanya ada dipantai mayangkara, disini ada juga penangkaran rusa endemik bawean. Jadi sayang jika anda kebawean kalau tak kepantai ini.
Pantai ini juga menyajikan sejarah yang menakjubkan, pantai ini ditemukan oleh istri sunan giri.
anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, karna jalanya sudah mulai membaik.


H. AIR TERJUN LANCAR DIGRESIK.

Pulau bawean bukan hanya menyajikan pantai saja tapi juga punya air terjun, yaitu air terjun Laccar. wisata ini masih asri,airnya juga dingin,jernih dan juga menyegarkan.
Dengan suasana yang asri dan hawa yang masih segar, anda dijamin tak mau kembali dan langdung lupa jalan pulang.
untuk sampai ke air terjun ini butuuh perjuangan yang ekstra, karna saarana prasarana belum memadai. anda harus melewati jalan setapak,sungai air yang jernih dan segar pastinya perjalanan anda tak akan terlupakan.


I. AIR TERJUN PATAR SELAMAT

Lokasi air terjun ini didesa patar selamat,Kecamatan sangkapura. air terjun yang indah dan hanya memiliki ketinggian 12 meter saja.
tempat wisata ini masih asri dan segar dengan air yang segar dan jernih, membuat suasana yang menyenangkan dan serasa disurga. Disini anda juga bisa melihat hewan liyar seperti kera dan ayam hutan.


J. GUNUNG KAPUR SEKAPUK

https://aboutgresik.blogspot.com/ @mohajiawaluddin.17

Gresik juga mempunyai gunung kapur yang menarik nan eksotik, hal itu karna banyak penambangan yang dilakukan oleh warga sekitar. lokasinya berada diDesa sekapuk Kec ujungpangkah Gresik

K. PESONA GUNUNG SUROWITI
https://aboutgresik.blogspot.com/

Gunung ini pernah jadi petilasan sunan kali jaga, dan pernah dibuat bertapa oleh sunan kali jaga. Berpenghuni cumak 200KK, dan mempunyai luas 5 hektar dan beraada di ketinggian 260 Mdpl. Lokasinya berada diDesa Surowiti, kecamatan panceng Kab gresik. 40 Km darii kota gresik , sekitar 3Km menuju selatan dari jalan raya panceng gresik

L. BUKIT JAMUR 

Wisata bukit jamur ini berada di Kec Bungah kurang lebih 16Km dari pusat kota gresik. Terbentuk dari proses penambangan yang sekarang tak beroprasi lagi. batu hasil penambangan mengalami erosi dan akhirnya membentuk seperti jamur. Pemandangan indah dari batu yang mirip seperti jamur cocok buat hunting foto dan anda bisa menikmati sunset dan sunrise.

M. SENDANG BIRU
https://aboutgresik.blogspot.com/

            Obyek wisata murah digresik ini berada didesa lowayu Kec dukun Kab gresik. Wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang eksotik, disini anda bisa menikmati kesegaran air dan masih asrinya alam disekitarnya.
Air dari sendang ini mengandung unsur blerang tapi bisa digunakan untuk mandi. tempat ini cocok buat untuk menenangkan diri dari kepenatan setelah 6 hari bekerja, dan sendang ini bisa mengobati penyakit kulit karna sendang ini mengandung belerang. 


2. WISATA RELLIGI


Adalah makam salah satu wali songo yang ada di gresik dan menjadi tujuan religi wajib di jawa timur.
beliau juga tenar dengan nama syekh magribi dan beliau adalah orang pertama yang berhasil menyeberkan agama islam di jawa saat majapahit masih berjaya.
pengaruh dari maulana malik ibrahim sangat besar dan berpengaruh dalam proses penyebarluasan islam dijawa.

B. MAKAM SUNAN GIRI.

Lokasi makam ini berada di Desa giri Kec kebomas Kab gresik. Makam ini bisa salah satu tujuan wisata religi terkenal seantero negri, makam ini selalu ramai oleh peziarah apalagi pas masa masa liburan sekolah dan malam minggu/malam jumat.
sunan giri juga terkenal sebagai raden paku.


Makam yang mempunyai panjang 9m yang paling terkenal adalah makam siti fatimah binti maimun, menurut juru kunci setempat sebagian besar makam yang ada ditempat ini addalah penyebar agama islam dari malaka pada tahun 1000-an. salah satunya yang terkenal adalah nyai siti fatimah binti maimun. 

Beliau adalah putri dari salah satu penyebar agama islam yaitu Sultan Mahmud mahdad alam atau sering dipanggil "MAIMUN". Siti fatimah meninggal saat berusia 18 tahun sesaat setelah terserang wabah penyakit to'un (pagi terserang, sore meninggal) atau sebaliknya. makam beliau berada dalam bangunan yang menyerupai candi. bangunan ini didirikan pada masa brawijaya sebagai balas budi beliau kepada sultan mahmud mahdad alam.
Makam ini berada di desa leran kecamatan manyar Kab gresik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komisi Gratis

Translate

About Gresik Lainnya klik di bawah